Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

3 Marketplace Terbesar Untuk Jual Beli Online Recommended

 

  Saat ini akibat dari kemajuan teknologi, mulai terjadi perpindahan atau migrasi aktivitas jual beli yang sebelumnya melalui tatap muka dengan cakupan area pasar yang terbatas menjadi  aktivitas transaksi secara online di dunia maya, sebenarnya mungkin sudah ada banyak brand atau produk ternama yang melakukan aktivitas penjualan secara online langsung kepada customer dengan cara konsumen bisa mengunjungi dan membeli produk mereka secara online melalui situs web resmi brand atau produk terebut

   Tapi dimulai dari tahun 2015 seiring dengan makin banyak nya orang yang bisa mengakses internet dan juga meningkat nya penggunaan dan kepemilikan smartphone dan ditambah dengan mulai bermunculan aplikasi-aplikasi yang menunjang untuk terjadinya transaksi secara online akhirnya pola transaksi jual beli pun perlahan mulai bergeser dari offline ke online melalui Market Place, ya market place adalah sebuah platform khusus yang diciptakan untuk mebantu menjembatani transaksi jual-beli produk atau barang antara si penjual dan pembeli, market place ini sebagai pihak ketiga yang menyiapkan segala fasilitas yang bisa menunjang kegiatan jual beli secara online, dari mulai temapat jualan hingga sistem pembayaran.

   Aplikasi marketplace ini sangat digandrungi hamper di segala tingkatan usia mulai dari anak-anak samapai orang tua,setidaknya setiap orang yang memiliki smartphone kemungkinan ada salah satu  aplikasi marketplace yang terinstall di smarphonemereka. Karena aplikasi ini memudahkan semua orang untuk membeli dan menjual barang, tidak hanya itu poin utama yang menjadi kelebihan dari marketplace adalah konsumen bisa melakukan komparasi dari banyak toko terhadap satu produk yang sama baik dari harga, kualitas, biaya pengiriman, penialaian konsumen dan lain-lain. Dan pada akhirnya banyak orang yang membuka usaha sampingan Online shop di marketplace tersebut karena pangsa pasar nya yang sangat luas dan tidak ada batasan area untuk memasarkan produk mereka.

   Di Indonesia sendiri perkembangan petumbuhan marketplace mulai meningkat sejak tahun 2014 ada beberapa marketplace yang pada saat itu mulai dikenal oleh konsumen Indonesia antara lain Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com, dan ada juga marketplace luar yang akhir nya merambah ke pasar Indonesia karena potensi pasar Indonesia sangat besar sejalan dengan populasi penduduk nya yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia seperti Lazada (Singapura), Shoppe (Singapura), JD.id (China) dan masih banyak marketplace lainnya.

   Dan berikut ini merupakan peringkat 3 besar marketplace yang ada di Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi buat bro sist yang tertarik untuk membuka toko online, peringkat ini dilihat dari banyak nya jumlah pengunjung dan juga nilai transaksi jual-beli perbulan.

3. Bukalapak


  Ditempat ketiga ada Bukalapak, Bukalapak adalah salah satu aplikasi marketplace yang didirikan oleh Ahmad Zaky seorang lulusan teknik informatika ITB, bukalapak berdiri sejak tahun 2010, dengan total pengunjung 89,7 juta orang per bulan dengan nilai transaksi 5 trilliun perbulannya.

2. Shopee


  Siapa yang tidak tau aplikasi ini apalagi kalau anda merupakan penggemar blackpink dan Cristiano   Ronaldo yang merupakan bintang iklan aplikasi ini, shopee adalah perusahaan asal singapura yang merambah pasarnya di Negara-negara asia tenggara, jumlah kunjungan mencapai 90,7 Juta perbulan dan nilai transaksinya mencapai 18 trilliun di aseluruh asia tenggara.

1.Tokopedia


   Tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi marketplace yang satu ini, tokopedia sebenarnya dsudah didirikan pada tahun 2009 oleh willian tanuwidjaja seorang sarjana teknik informatika lulusan universitas trisakti, setiap bulannya tokopedia dikunjungi oleh sekitar 140 juta orang  dengan nilai transaksi 18 triliun perbulannya. Dengan catatan tokopedia hanya beroperasi d pasar Indonesia saja.

Nah itulah marketplace yang bisa menjadi pilihan untuk membuka online shop, besarnya nilai transaksi jual-beli dan juga banyaknya jumlah kunjungan bisa menjadi potensi pasar yang sangat besar untuk memasarkan produk dan memaksimalkan profit, kalau mau lebih besar lagi buka saja online shop di setiap market place kalau tidak pusing ngurusnya XD.

2 comments for "3 Marketplace Terbesar Untuk Jual Beli Online Recommended"

  1. dulu saya mengandalkan tokopedia karena memang awal jatuh cinta sama marketplace ini, tapi sekarang balance pemakaiannya dengan shopee karena banyaknya promo dan program ongkir yang ditawarkan

    ReplyDelete
  2. Memang strategi marketing shopee gila2an

    ReplyDelete

Berlangganan via Email