Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mari Mulai Menulis!

  Kemarin itu secara tiba-tiba muncul ide gua buat bikin grup menulis, sebenernya di grup facebook sudah banyak banget grup menulis bahkan sudah ada yang member nya 1 juta orang eh atau satu juta akun facebook ya karena satu orang bisa bikin beberapa akun facebook haha.

lalu apa yang bikin gua pengen banget bikin grup menulis? padahal gua kan bisa aja tinggal gabung terus nyimak tulisan-tulisan dari member yang lain atau posting tulisan disitu gak perlu bikin grup menulis lagi, alasannya karena setelah gua liat ada beberapa grup tulisan dengan latar belakang member yang beda-beda, ada grup yang mungkin isinya para penulis amatiran (termasuk gua sendiri), yang masih belajar-belajar nulis cerita dan kebanyakan member nya adalah mereka yang sudah berusia diatas 30 tahunan dan kebanyakan ceritanya adalah seputar tema rumah tangga atau politik maklum lah isinya sudah ber rumah tangga dan mereka mungkin menulis untuk mengisi waktu luang atau menyibukan diri atau mereka yang minatnya muncul setelah baca tulisan-tulisan orang lain sehingga terpacu buat ikutan nulis. ditambah lagi dengan jumlah member yang banyak  di grup tersebut harapannya bakal banyak yang membaca dan berkomentar karena ya tidak bisa dipungikiri bahwa kita menginginkan apresiasi atau setidaknya tahu bagaimana pendapat orang lain tentang isi tulisan kita dan apa yang perlu diperbaiki sehingga kedepannya jadi lebih baik lagi.

setelah itu gua nemu lagi grup yang isinya mungkin remaja-remaja yang jiwa nya romantis mereka berkumpul di satu grup kalau dilihat dari grup nya mereka adalah para penulis yang mungkin berkeinginan buat bikin novel suatu hari nanti, dan tulisan mereka ini tentunya lebih panjang-panjang secara cerita dan lebih tertata cara penulisannya dibandingkan grup yang sebelumnya gua bahas.

sejujurnya sih gua paham bahwa tujuan menulis kedua grup tersebut berbeda, segmennya berbeda, kalau grup yang satu mungkin hanya untuk bacaan ringan dan cerita hiburan sehari-hari saja, karena mereka menulis ya menuliskan cerita apa adanya yang terlintas di kepala mereka mengalir begitu saja tanpa (mungkin) membuat konsep alur nya akan seperti apa permasalahan-permasalah atau kalau dalam pelajaran bahasa indonesia konfliknya dimana lalu endingnya seperti apa. tapi ya sesuai dengan nama grup nya bahwa grup ini adalah grup yang dibuat agar setiap orang bisa juga belajar dan sharing seputar dunia kepenulisan, bisa bertukar ide dengan lebih banyak sudut pandang, dan tidak terbatas hanya pada cerpen saja, tapi bermacam karya tulis, intinya lebih banyak orang yang bisa mengekspresikan pikirannya kedalam sebuah tulisan.  



seperti kata pramoedya ananta noer sepintar apapaun seseorang kalau ia tidak menulis ia akan hilang dimakan waktu, ya karena memang raga tidak abadi namun karya bisa terus dikenang dan dipelajari.

buat teman-teman yang ingin bergabung silakan klik Komunitas Belajar Menulis Indonesia. atau bisa juga lihat di menu blog ini lalu klik menu Community dan teman-teman akan langsung diarahkan ke grup. 



Post a Comment for "Mari Mulai Menulis!"

Berlangganan via Email