Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis




  Menulis adalah salah satu kegiatan yang mungkin sangat jarang dilakukan oleh masyarakat Indonesia atau mungkin orang-orang di dunia, padahal kemampuan ini adalah salah satu kemampuan terpenting yang harusnya dimiliki oleh setiap orang, karena dengan menulis seseorang dapat mengungkapkan segala hal yang ada dikepalanya baik berupa ide, gagasan, opini, ataupun dunia imajinasi nya sehingga orang-orang dapat mengetahui isi atau pola pikiran penulis dengan membaca tulisan tersebut.

  Berdasarkan hasil riset untuk ranking kemampuan membaca dan menulis yang di rilis oleh central Connecticut state university yang bertajuk Wolrd’s Most Literate Nations Ranked Indonesia berada diperingkat 60 dari 61 negara untuk kemampuan membaca dan menulis, Indonesia hanya unggul dari negara Botswana (61) dan berada satu tingkat dibawah negara gajah putih Thailand (59). Ini menunjukan bahwa tingkat literasi penduduk Indonesia masih sangat minim dan masih perlu ditingkatkan dan ditanamkan ke masyarakat bahwa membaca itu penting, dan budaya memebaca harus di galakan di seluruh lapisan masyarakat.

  Kemampuan menulis juga tidak hanya akan meningkatkan nilai pada diri seseorang, tapi juga memberikan kesempatan bagi seseorang untuk dapat dikenang secara abadi oleh masyarakat, karena seorang penulis meskipun dirinya mati namun karyanya akan tetap dikenang abadi. Kemampuan menulis adalah suatu kemampuan yang dapat dipelajari, dilatih dan dikemabangkan oleh setiap orang. Nah berikut beberapa tips yang dapat dicoba untuk meningkatkan kemampuan menulis :

1. Membaca
  
   Ini adalah hal yang paling penting tidak hanya bagi para penulis sebenarnya, tapi juga bagi semua orang, dengan banyak membaca kosakata yang kita miliki akan semakin luas dan banyak, tentu saja itu dapat meningkatkan  tidak hanya kemampuan menulis tapi juga kemampuan berbicara. Untuk kegiatan membaca tersebut bahan bacaan bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita bisa berupa novel, komik, majalah, buku pelajaran yang terpenting kita meluangkan waktu 30 menit secara konsisten setiap untuk membaca.

2. Mulai Belajar Menulis
   
   Mulailah untuk belajar menulis, tidak perlu hal yang terlalu Panjang, cukup tuliskan apa yang ada dalam pikiranmu entah itu opini kamu tentang suatu hal yang sedang ramai diperbincangkan, menulis kisah keseharian atau cerita yang pernah kamu alami.

3. Konsisten Menulis
  
  Ini adalah salah satu hal terpenting agar kemampuan menulis semakin meningkat, cobalah untuk konsisten dalam membuat sebuah tulisan, atau kamu bisa memeberikan tantangan kepada diri kamu sendiri untuk membuat sebuah tulisan selama 30 hari berturut-turut. Tulisan tersebut dapat kamu posting atau publish di social media atau blog pribadi kamu.

4. Pilih Tema Tulisan yang disukai dan Dikuasai.
   
   Ini adalah salah satu hal terpenting jika kamu ingin terasa ringan dan menyenangkan Ketika kamu menulis, biasanya jika tema yang kamu pilih adalah tema yang kamu sukai dan kuasai maka kamu tidak pernah terasa Lelah untuk menulis dan kamu selalu ada ide baru untuk dituliskan.

5. Evaluasi
   
setelah kamu selesai mintalah penilaian dari teman atau orang lain tentang tulisanmu dan jadikan itu sebagai sebuah bahan evaluasi agar tulisanmu menjadi semakin lebih baik.


Post a Comment for "5 Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis"

Berlangganan via Email