Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Happy Anniversary Pandemi!

   Holla... sampai berjumpa kembali sudah lama sekali rasanya tidak menulis di blog, hampir 6 bulan lamanya tidak buka-buka blog dan merasa masa bodo dan belum ada inspirasi menulis, ini tiba-tiba kepikiran buat nulis dan akhirnya mencoba mengeluarkan tenaga untuk duduk membuka laptop lalu menulis, hari ini mungkin gua mau coba bahas situasi terkini setelah hampir satu tahun tepatnya mungkin sekitar 11 bulan sejak pandemi corona mulai menyebar dan mewabah di indonesia. 

  11 bulan yang lalu atau tepatnya bulan maret presiden Joko Widodo mengumumkan kasus postif pertama wabah corona virus di indonesia, sudah 11 bulan juga berbagai kebijakan dikeluarkan  oleh pemerintah dan silih berganti mulai dari PSBB lalu ada PSBB transisi, PPKM, dan sekarang ada PPKM skala mikro, tapi pada kenyataanya semua belum bisa berjalan secara efektif kalau dilihat dari tingkat kenaikan kasus postif per hari nya.

(Sumber : tertera)

  Namun terlepas dari tingkat penambahan kasus, saat ini umat manusia sudah mendapat kemajuan yang luar biasa dalam menghadapi virus ini, jika dulu untuk melawan covid ini pemerintah hanya bertarung dengan kebijakan tanpa senjata atau pertahanan yang bisa diandalkan dalam menghadapi pandemi ini, sekarang kita sudah bisa melawan virus ini dengan vaksin, saat ini sudah berbagai macam vaksin yang berhasil diciptakan dari mulai sinovac, Pfizer, AstraZeneca, dll. bahkan negara kita indonesia juga sedang membuat vaksinnya sendiri yaitu vaksin merah putih, semoga saja vaksin yang sedang dibuat bisa berhasil dan nantinya indonesia tidak perlu bergantung dengan vaksin dari negara lain yang saat ini sedang diperebutkan oleh banyak negara, mengingat kapasitas vaksin yang bisa diproduksi memang jauh lebih kecil dibanding jumlah penduduk di dunia maka dari itu kemungkinan perlu waktu yang lama agar proses vaksinasi bisa berjalan dengan tuntas.

 Yang membuat virus ini membahayakan dan merepotkan tentu saja adalah kemampuan penyebaran dari virus ini lumayan cepat selain itu virus ini bisa membahayakan bagi orang yang terinfeksi dan untuk orang tertentu yang punya penyakit bawaan bisa meningkatkan resiko kematian. virus sebenarnya memang bukan hal yang baru bagi manusia, ada banyak sekali virus yang ada di bumi yang bisa menjangkit manusia, bahkan virus influenza juga cukup berbahaya namun seiring dengan ditemukannya vaksin untuk virus tersebut maka penyebarannya bisa "dikendalikan" sehingga saat ini virus tersebut tidak lagi menjadi ancaman serisu bagi umat manusia.

 Wabah virus corona paling terasa dampaknya tentu saja di bidang ekonomi, banyak usaha yang akhirnya harus tutup, atau mengurangi pegawai nya agar tetap bisa hidup dan beroperasi. peraturan pemerintah yang memutuskan membatasi kerumunan dan mobilitas manusia sangat terasa sekali dampaknya terhadap pelaku ekonomi, akibatnya tingkat konsumsi masyarakat menurun dan itu berdampak sistemik kepada hal-hal lainnya yang ujung-ujung nya adalah tentu saja kepada pelaku usaha yang harus kehilangan atau berkurang pendapatannya.

 Tapi menurut saya pemerintah selama ini hanya berfokus kepada pencegahan penyebaran virus yang sifatnya defensif seperti PSBB, 3M, namun saya seperti melihat kurangnya kampanye hidup sehat atau kebijakan yang "ofensif"dari pemerintah untuk menghadapi virus ini. karena kita juga tahu bahwa kunci melawan pandemi ini adalah kekuatan dari imun tubuh manusia itu sendiri, jadi jika imunnya kuat kemungkinan masih bisa melawan atau menekan angka penyebaran dari virus ini. contoh mungkin daripada membatasi masyarakat untuk beraktivitas diluar rumah atau malah menyarankan aktivitas dirumah lebih baik kampanyekan atau "paksa" masyarakat untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat meningkatkan imun tubuh itu sendiri,seperti mungkin pemerintah meminta warga atau bahkan mungkin mewajibkan warga untuk berolahraga berapa lama setiap harinya, atau mewajibkan masyrakat berjemur di pagi hari dibawah sinar matahari,sehingga ini nantinya perlahan-lahan mungkin kekebalan alami akan tercipta.

 Yang jelas sebagai masyarkat yang ingin pandemi ini cepat selesai dan berjalan normal kembali, kita harus mendukung kebijakan pemerintah serta memberikan masukan-masukan  yang membangun untuk bersama-sama melawan pandemi ini.

Post a Comment for "Happy Anniversary Pandemi!"

Berlangganan via Email