Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Tempat Destinasi Wisata Di Pandeglang Banten Yang Harus Dikunjungi!


 Liburan.. Hmm. Apa yang paling pertama kali terbayang oleh kawan-kawan semua kalau mendengar kata-kata ini, pasti ada banyak bayangan dan harapan, bayangan bakal ngabisin liburan kemana aja dan bareng siapa aja, dan juga harapan kalau waktu liburan yang bakal dilaluin bisa bener-bener seru dan menyenangkan terutama bisa menghilangkan segala pikiran negatif yang ada di kepala seperti stress, cemas, galau, Bad Mood, kerjaan, utang, kreditan ya.. kita berharap liburan dapat membuat kita lupa akan itu semua dan menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan dan tentu saja kita berharap suasana hati kita menjadi baik kembali setelah liburan selesai dan kembali memulai rutinitas dengan semangat dan pikiran yang Fresh.

 Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki banyak pulau dan juga memiliki banyak kawasan pegunungan, tidak hanya itu karena indonesia berada ada kawasan Ring of Fire atau cincin api dunia, maka banyak juga gunung berapi yang masih aktif di indonesia, jadi orang indonesia itu kalo wisata alam sebenarnya lumayan lengkap sekali dan banyak pilihan jadi gak perlu jauh-jauh ke luar negeri buat liburan di indonesia juga banyak tempat wisata yang bisa di kunjungi.

 Salah satu daerah yang memiliki tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi adalah daerah Kabupaten Pandeglang yang terletak di Provinsi Banten, daerah ini adalah kota kelahiran gua hehe.. jadi sedikit-sedikit gua tau lah wisata aja yang Worth It yang bisa di kunjungi di daerah ujung paling barat di pulau Jawa ini. Pandeglang ini daerah yang punya wisata alam yang cukup banyak mulai dari pantai, laut, pulau, pegunungan, air terjun dan lain-lain. Karena pandeglang bukan daerah industri dan letaknya lebih dekat ke pesisir pantai selain itu sebagian wilayahnya berada di daerah pegunungan Pulosari dan Gunung Karang maka pandeglang memiliki potensi yang besar untuk menjadi daerah tempat tujuan wisata dan juga daerah yang pas untuk investasi di bidang Peternakan dan perkebunan, malah kadang gua suka menghayal kalau gua jadi Bupati Pandeglang gua mau bikin tempat wisata yang konsep atau tata lertak nya nya kaya game Harvest Moon yang gua demen mainin pas kecil dulu hehe. 

Nah kali ini gua bakal ngerekomendasiin tempat wisata yang mungkin menarik dan bisa dikunjungi di Pandeglang.

1. Taman Nasional Ujung Kulon.
 
  Kayanya tempat wisata ini sudah amat familiar bagi warga indonesia khususnya penduduk pulau jawa, kenapa bisa dikenal karena ada Badaknya bukan gua lagi ngiklan ya. Badak yang ada di tempat ini adalah Badak bercula satu yang langka dan dilindungi oleh negara, tidak hanya negara bahkan organisasi dunia. Taman Nasional Ujung Kulon atau biasa disebut atau disingkat dengan TNUK ini merupakan taman nasional tertua di indonesia yang didirikan sejak jaman pemerintahan Hindia Belanda. TNUK ini memiliki luas wilayah yang sangat luas yaitu 112.956 Ha yang terdiri dari 3 pulau (Pulau panaitan, Pulau Peucang, dan Pulau handeuleum), satu buah gunung yaiu gunung Hondje dan satu semenanjung yaitu semenanjung ujung kulon. Ujung Kulon pertama kali dijelajahi oleh ahli botani jerman bernama F. Junghuhn di tahun 1846 untuk keperluan mencari tumbuhan tropis. Dan kawasan TNUK ini masih benar-benar alami dan masih banyak hewan liar yang tinggal disitu. sekarang-sekarang ini sudah banyak sekali orang-orang atau traveller yang berwisata ke TNUK ini, karena meskipun ini adalah sebuah taman nasional yang dijaga ketat oleh polisi kehutanan dibawah kementrian kehutanan tapi kita masih bisa mengunjungi TNUK ini, biasanya ada banyak orang-orang yang membuka jasa travel ke pulau ini walaupun biasanya lumayan cukup mahal biaya per orangnya tapi itu semua masih worth it dengan kepuasan yang di dapat.

Badak Cula Satu Satwa Khas Taman Nasional Ujung Kulon

Peucang Island

Karang Copong Island, Ujung Kulon National Park

Peucang Island, Ujung Kulon National Park

Ujung Kulon National Park

2. Tanjung Lesung

 Tanjung lesung ini saat ini sedang populer karena merupakan salah satu wilayah yang dipilih oleh pemerintah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau katanya mau dibuat seperti kawasan wisata di pulau Bali atau semacam Bali baru, sebenarnya pantai ini sudah ada sejak lama dan terkenal dengan Beach Resort nya, dan yang paling dikenal mungkin kejadian mini Tsunami yang terjadi dan menewaskan hampir seluruh personil Seventeen Band yang seddang mengisi salah satu acara perusahaan BUMN di sana pada tahun 2018 yang lalu. Akses ke Tanjung Lesung pun terakhir gua kesitu sudah sangat bagus kondisi jalannya, dan sudah banyak beridir tempat penginapan dan restoran pokoknya keren lah.
 
Tanjung Lesung Beach Resort

Tanjung Lesung Bridge

3. Pantai Carita

   Pantai Carita merupakan kawasan pesisir pantai yang sangat terkenal di Pandeglang, dan mungkin sudah banyak dikenal oleh masyarakat di luar pandeglang, sering menjadi objek wisata untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga, dengan garis pantai yang sangat panjang kawasab pantai Carita sangat cocok untuk sekedar menghabiskan waktu libur dan tempat makan olahan ikan laut juga banyak sekali di kiri-kanan jalan sepanjang kawasan pantai carita, dan tentu saja tempat yang sangat tepat untuk menikmati matahari tenggelam di sore hari. selain itu dari pesisir pantai ini juga kita bisa melihat pemandangan pantai, serta anak pemandangan gunung krakatau pun bisa terlihat dari kawasan pantai ini. Carita ini juga sering sekali digunakan untuk tempat pembuatan film, meskipun mungkin fasilitas wisata nya belum selengkap Bali atau daerah pantai terkenal lainnya.

Pesisir Pantai Carita

Carita's Beach Street View

Carita Beach

4. Pulau Umang

  Pulau umang ini adalah sebuah kawasan wisata yang cukup ekslusif yang ada di daerah Pandeglang Banten, dengan konsep Private Island pulau ini benar-benar terlihat tenang tapi menyuguhkan panorama pantai dan laut yang menawan. untuk sampai ke pulau ini kita harus menaiki sebuah perahu karena pulau ini lumayan cukup jauh jaraknya dari pinggir pantai terdekat yang ada.

Umang Island, Pandeglang

Umang Island, Private island Concept

5. Gunung Pulosari

 Wisata alam di pandeglang sebenarnya tidak hanya pantai dan laut namun ada juga alternatif wisata-wisata lain yang bisa anda coba, ada Curug (Air terjun), kolam pemandian purbakala Citaman semua itu ada di kawasan Gunung Pulosari, Gunung ini merupakan sebuah jenis gunung api kerucut (Stratovolcano), dan gunung ini merupakan gunung yang memiliki aktivitas Fumarol dan memiliki kaldera di puncaknya. Gunung ini menurut sejarah adalah sebuah daerah yang sangat keramat untuk dikunjungi ketika jaman kerajaan Sunda sekitar tahun 900-1000 masehi.
 

Gunung Pulosari 1.346 M

Kolam Pemandian Purbakala Citaman Pandeglang

Curug Putri Pandeglang

  Nah itu dia tempat wisata-wisata yang menurut gua sih layak untuk dicoba, sebenarnya masih ada banyak lagi tempat wisata yang bisa dikunjungi di pandeglang seperti pemandian mata air murni Cikoromoy, Pulau Badul, Coconut Island waterpark, situs megalitikum batu Goong, Pemandian air panas Cisolong, wah masih banyak lah kepanjangan kalau harus ditulis semua jadi, lebih baik langsung anda kunjungi aja ya.

Post a Comment for "5 Tempat Destinasi Wisata Di Pandeglang Banten Yang Harus Dikunjungi!"