Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Yuk Kenalan Dengan Sistem Kuliah Online atau Online Learning!

 

Kuliah Online atau Online Learning

 Pendidikan tinggi adalah salah suatu proses yang harus ditempuh oleh para pelajar untuk mendapatkan gelar sarjana dan juga meningkatkan kemampuan atau skill di bidang tertentu sesuai dengan jurusan yang di ambil. Saat ini tingkat persentase masyarakat indonesia yang meneruskan ke jenjang pendidikan tinggi berdasarkan data kementerian riset dan pendidikan tinggi atau sekarang kemendikbud hanya sekitar 30% pelajar yang meneruskan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi, sangat sedikit dibanding dengan jumlah lulusan sekolah menengah atas (SMA), ini artinya lebih banyak pelajar indonesia yang tidak meneruskan pendidikannya dan hanya berhenti di tingkat SMA. 

  Tentu saja ada beberapa faktor yang mengakibatkan banyaknya pelajar indonesia yang tidak mampu meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, seperti karena biaya, akses, memilih bekerja dll. meskipun saat ini pemerintah sangat banyak memberikan beasiswa bagi para pelajar yang ingin meneruskan kuliah tapi tetap saja lebih banyak pelajar yang memilih untuk tidak melanjutkan pendidikannya karena masih banyak yang berpikir bahwa lebih baik langsung mencari kerja agar cepat dapat penghasilan untuk membantu ekonomi keluarga.

 Akses terhadap pendidikan tinggi menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat pelajar yang meneruskan ke pendidikan tinggi setelah lulus SMA, padahal pemerintah sendiri mempunyai misi untuk meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan namun pada kenyataanya tetap saja banyak sekali pelajar yang masih terhenti dibangku sekolah karena tidak dapat melanjutkan atau mengakses pendidikan tinggi.

 Seiring dengan kemajuan dunia teknologi dan informasi sebenarnya saat ini tidak susah bagi para pelajar atau masyarakat untuk bisa melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi, karena sekarang sudah banyak sekali kampus-kampus atau universitas yang menyelenggarakan pendidikan tinggi via internet, jadi masyarakat bisa mengikuti perkuliahan secara online, dan untuk mengikuti perkuliahan secara online mahasiswa hanya memerlukan internet dan juga laptop sehingga mereka bisa mengikuti proses perkuliahan secara online darimana saja.

 Kuliah online atau online learning ini juga menjadi salah satu cara yang sekarang banyak dilakukan kampus atau universitas saat ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau pandemi covid, banyak sekali pada akhirnya kampus yang berinvestasi ke bidang IT untuk menciptakan infrastruktur perkuliahan secara online imbas dari pandemi ini.

Sebenarnya ada beberapa manfaat yang bisa di dapat dari sistem perkuliahan secara online ini, diantaranya :

1.  Waktu kuliah menjadi lebih fleksibel

 Proses dan waktu perkuliahan menjadi lebih fleksibel dan dinamis dikarenakan bisa menentukan jadwal sesuai dengan waktu yang diinginkan karena tidak memerlukan kelas-kelas yang biasanya jumlahnya terbatas untuk mengikuti perkuliahan.

2.  Tidak terikat oleh jarak dan tempat

Kuliah online atau online learning tidak terikat oleh jarak dan tempat, karena proses perkuliahan bisa dilakukan dimanapun dan materi-materi yang ada bisa di arsipkan atau disimpan pada laptop atau gadget yang dimiliki oleh mahasiswa

3. Biaya kuliah menjadi lebih murah dan efisien.

 Dengan adanya sistem kuliah online atau online learning yang dibuat oleh pihak kampus tentu saja biaya perkuliahan menjadi lebih murah tidak hanya bagi mahasiswa tapi juga bagi pihak kampus. Salah satu kampus yang sudah menerapkan proses perkuliahan secara daring atau online adalah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (selanjutnya disebut dengan UHAMKA), UHAMKA ini adalah satu perguruan tinggi yang sudah sangat dikenal masyarakat dan memiliki banyak pilihan fakultas yang bisa diikuti oleh para pelajar yang berniat untuk melanjutkan proses pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Tampilan portal online learning UHAMKA

 Dengan adanya sitem pembelajaran via online ini mahasiswa dan dosen bisa lebih fleksibel dan dinamis dalam proses pembelajaran, mahasiswa juga tidak perlu takut tertinggal materi atau pembelajaran. Terdapat 4 menu yang bisa dipilih dalam portal tersebut yang pastinya akan memudahkan mahassiswa dalam proses kegiatan belajar sehari-hari.


Untuk informasi lebih jauh silakan mengunjungi portal :  https://onlinelearning.uhamka.ac.id/.




Post a Comment for "Yuk Kenalan Dengan Sistem Kuliah Online atau Online Learning!"