Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Cara Cepat Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

 

How to improve your english skill

 Bahasa inggris adalah bahasa yang paling digunakan dan sudah menjadi bahasa pergaulan internasional, jika bahasa inggris bukan bahasa pertama anda, anda mungkin perlu mengikuti ujian tingkat kecakapan berbahasa inggris seperti IELTS atau TOEFL sebagai bagian dari syarat untuk belajar ke luar negeri. Tes ini mungkin terlihat mudah, tetapi belajar menulis dan berbicara dengan cara yang baik dan fasih dalam bahasa baru tentu tidak mudah. Agar berhasil tentunya anda harus berusaha keras secara terus menerus untuk dapat mempelajari bahasa baru, tetapi ada beberapa cara dan tips yang cepat yang dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris anda dengan cepat dalam waktu yang singkat.

 Berikut cara-cara yang dapat dilakukan untuk dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris anda dengan cepat :

1. Menonton film dalam bahasa inggris.

 Serial film di Netflix mungkin tidak akan benar-benar meningkatkan kemampuan berdebat, tetapi ini akan dapat membantu anda memahami bahasa inggris dengan lebih baik, membiasakan diri untuk mendengar bahasa inggris sehari-hari, bagimana bentuk percakapan dalam bahasa inggris, dan secara implisit dapat memahami percakapan tersebut, selain itu anda dapat mencari kata-kata yang terdengar informal atau tidak biasa, dan mencari padanan katanya yang lebih ilmiah. Tentu saja anda juga bisa menonton film-film dokumenter berbahasa inggris untuk dapat lebih membiasakan diri dengan bahasa tersebut. Menonton film berbahasa inggris akan membantu anda untuk mulai benar-benar berpikir dalam bahasa inggris.

2.  Biasakan mendengar dan membaca berita berbahsa inggris.

 Cobalah untuk mulai membaca berita berbahasa inggris untuk dapat meningkatkan kemampuan anda, seperti koran berita, majalah atau tabloid. Selain akan membantu anda mengikuti perkembangan terkini, berbagai bacaan berita ini juga akan memperluas kosa kata atau Vocabulary anda. Keuntungan lain yang akan anda dapat adalah anda akan lebih nyaman dengan ejaan kata dan konteks penggunaannya.

3. Mulailah dengan kosakata yang sering digunakan.

 Tulislah di komputer atau buku anda kosa kata yang sering digunakan terutama dalam percakapan sehari-hari, buatlah daftar kata dan frasa yang sering digunakan. Setiap kali anda mendengar kosa kata yang baru anda dengar catatlah. Jangan hanya berfokus pada kata itu sendiri, tetapi cari sinonim atau antonim dari kata tersebut. Lagi pula anda mungkin mengerti dan mengetahui arti beberapa kata, tapi apakah anda tau cara menggunkannya secara akurat?.

4. Belajar untuk melakukan percakapan dalam bahasa inggris. 

 Meskipun tugas untuk mendengarkan dan membaca mungkin sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan anda, anda juga perlu menggunakan bahasa inggris secara aktif dengan cara berkomunikasi atau berbicara dalam bahasa inggris, itu akan meningkatkan keterampilan berbicara bahasa inggris anda. Mungkin anda bisa mencari orang yang memiliki penutur asli berbahasa inggris untuk membantu anda meningkatkan kemampuan bahasa inggris anda. Atau anda bisa mencari orang yang juga sedang belajar bahasa inggris sebagai teman berlatih. Pilihan lainnya adalah anda bisa coba untuk berbicara sendiri di cermin atau merekam diri sendiri. Mungkin akan sedikit canggung jika kita mendengar suara kita sendiri, tapi kita akan tahu dimana letak kesalahannya yang sebelumnya tidak anda sadari.

5. Berlatih.

 Kemampuan bahasa inggris tidak akan langsung begitu saja masuk ke dalam otak anda, anda memerlukan latihan secara terus-menerus. Sekalipun kemampuan bahasa inggris anda sudah cukup baik jangan cepat berpuas diri. Anda harus terus berlatih tidak peduli seberapa lama waktu yang dibutuhkan. Cobalah untuk membuat beberapa kalimat hari ini lalu terus anda katakan setiap hari dan gunakan sesering mungkin. Jangan membuang waktu dengan berlatih dengan kosa kata yang mungkin akan jarang digunakan, bertlatih dengan kosa kata yang kira-kira akan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau ujian.

6. Tingkatkan rasa ingin tahu.

 Untuk dapat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dengan cepat, anda harus banyak bertanya dan mencoba mencari jawabannya sendiri. Jangan hanya sekedar membaca tapi cari tahu kenapa kata-kata tersebut digunakan dengan cara tertentu, apakah ada bentuk kata yang lainnya. Jangan langsung percaya dengan satu bacaan online di internet tapi carilah lebih banyak untuk perbandingan.

7. Jangan lupa ambil jeda waktu untuk istrihat dan bersenang-senang.

 Jika anda merasa belajar bahasa inggris hanya seperti sebuah beban, tentunya ini tidak akan membuat anda merasa nyaman dan akan membuat anda bosan. Penting untuk tetap selalu merasa termotivasi untuk terusu belajar bahasa baru. Temukan cara agarr anda tetap bisa menikmati hiburan ditengah-tengah waktu belajar anda, seprti bermain permain yang akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis anda.

 Tentu saja mempelajari sesuatu yang baru seperti bahasa tidak mudah dan perlu waktu, namun ketika anda mulai mempelajari semuanya dari dasar dan membangun sebuah fondasi yang kuat anda akan mendapatkan sebuah hasil yang luar biasa tentu jika anda bersungguh-sungguh dan tidak mudah menyerah. 

Post a Comment for "Tips Cara Cepat Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris"