Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

An Amateur Review: Buitenzorg Coffee, Tempat Ngopi Paling Cozy

 

Dalam tulisan ini saya ingin menceritakan sebuah Kafe kopi terdekat sekitaran bogor yang saya kunjungi kemarin tepat nya hari sabtu 25 Juli 2020, sebenernya ini adalah kunjungan kedua saya ke tempat tersebut, kunjungan pertama hampir 2 minggu yang lalu. Yang mengajak saya ke tempat ini adalah pacar saya, dia mendapatkan info kafe tersebut dari temannya yang buat story di IG lalu karena di postingan tersebut tempatnya terlihat sangat keren akhirnya pacar saya mengajak saya untuk ke tempat tersebut.

Tempatnya berlokasi di cibinong bogor, dekat sekali dengan kawasan pemerintahan Pemda kabuaten Bogor, untuk menuju kafe ini mungkin tidak butuh waktu lama, hanya sekitar 10 menitan dari kawasan Pemda Bogor, atau kantor bupati bogor, namun tempatnya memang agak di dalam tidak berada dipinggir jalan, jadi kita harus masuk lagi kesebuah gang kecil dipinggir sebuah gedung pemerintahan saya lupa persis nama gedungnya hehe, yang jelas gang nya berwarna biru. Pertama kali kesana kami pun sempat nyasar, karena kami berangkat hanya bermodalkan Google Maps dan rasa sok tahu, setelah Tanya sana-sini mengitari jalan-jalan kecil perumahan akhirnya kami menemukan sebuah plang nama bertuliskan Buitenzorg Coffee, sampai di tempat tersebut ternyata letaknya bersebelahan dengan sebuah sekolah yayasan, jadi kafe tersebut dengan sekolah SMK disebelahnya masih dimiliki oleh orang yang sama, kalau saya liat-liat kemungkinan pemiliknya adalalah salah satu anggota DPRD Jawa Barat.


Halaman Utama

Pertama kali kami sampai dan menemukan gerbang pintu masuk kafe, kami tidak melihat bangunan kafe apapun lebih mirip pintu masuk sekolah dan percis pertama kali yang terlihat adalah sebuah Musholla yang sudah agak tua yang sedang di renovasi, akhirnya setelah diberitahu oleh security bahwa ternyata masih ada jalan ke atas untuk masuk ke kafe nya, ya letak kafe nya masih agak sedikit ke atas akhirnya kami naik sedikit ke atas dan terlihatlah sebuah gerbang pintu masuk yang lumayan besar dan tinggi dan terdapat sebuah papan nama Buitenzorg Coffee, (omong-omong Buitenzorg adalah nama untuk daerah bogor zaman dulu), setelah memarkirkan motor dan menyimpan helm, barulah kami melihat wujud kafe tersebut seperti apa, saya lumayan terpana dengan konsep bangunan kafe tersebut, kafe tersebut bernuansa tradisional atau nusantara zaman dulu, ya kebanyakan property nya terbuat dari kayu, terdapat beberapa joglo dengan nama-nama kerajaan-kerajaan besar yang pernah berdiri di nusantara zaman dulu. Bisa dibilang konsepnya cukup unik berbeda dengan tempat-tempat nongkrong atau kafe yang pernah saya kunjungi yang kebanyakan lebih bernuansa kekinian tapi kafe ini menggunakan konsep nusantara sebagai temanya.


Gazebo untuk Pentas

Akhirnya setelah melihat-melihat sekilas saya menuju ke tempat kasir, di ruangan kasir nya ini konsepnya tampak lebih modern, desain meja bar nya terlihat modern dan benar-benar minimalis walaupun terdapat pajangan beberapa foto atau gambar dari raja-raja nusantara. Dan di meja bar tersebut saya bertemu dengan orang yang mengelola kafe tersebut. Saya memesan sambil sedikit mengobrol dan bertanya-tanya tentang kafe tersebut.



Tempat Pesan dan Meracik Kopi

Dari obrolan tersebut bahwa kenapa bangunan ini memiliki konsep nusantara dengan suasana kehidupan zaman kerajaan dikarenakan memang produk-produk minuman kopi yang ada semuanya bijih kopinya berasal dari daerah-daerah di nusantara. ya itulah kenapa desain bangunannya pun ber konsep nusantara agar sesuai dengan konsep tempat kopi yang mereka buat. bagi saya yang tidak terlalu suka dan bukan penggemar kopi serta tidak mengerti tentang dunia kopi hanya bisa iya-iya saja ketika dijelaskan oleh coffe maker nya. dan tempat ini memang belum launching secara resmi karena memang masih dalam proses pembangunan jadi katanya baru soft launching.

Ayunan Halaman Utama

Di tempat ini seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya terdapat beberapa joglo yang bisa ditempati dengan bentuk dan konsep yang berbeda sesuai dengan nama kerajaanya (setiap joglo dinamai dengan nama kerajaan). dan ditengahnya ada sebuah tempat luas yang diisi dengan banyak tempat duduk serta meja dari kayu dan juga sebuah joglo yang berfungsi seperti sebuah panggung untuk pentas, ya disini juga ada alat musik untuk hiburan. dan tempat ini biasa diapakai untuk acara-acara seperti gathering atau seminar bahkan katanya ada yang foto prawedding di tempat tersebut.

dan ada satu tempat yang menjadi tempat favorit saya ketika berkunjung ke tempat tersebut, sebuah saung lesehan yang benar-benar cozy banget, sampe kepikiran buat pengen bikin sendiri buat di halaman rumah.

Tempat Paling Cozy

Oh iya, kalau masalah menu minuman dan makanan yang tersedia ditempat ini, memang selain macam-macam pilihan menu minuman kopi, memang bisa dibilang masih sedikit karena mungkin masih dalam proses pengembangan dan karena memang ini kafe dengan tema andalannya adalah kopi, jadi ya untuk menu lain belum banyak pilihan. tapi kalau dilihat dari harga dan rasanya lumayanlah untuk tempat ngerjain tugas, nongkrong dan ngabisin waktu bareng temen atau orang tersayang.

jadi buat yang belum pernah kesini mungkin tempat ini bisa jadi salah satu opsi yang bisa dikunjungi terutama buat kamu yang suka ngopi.

Post a Comment for "An Amateur Review: Buitenzorg Coffee, Tempat Ngopi Paling Cozy"

Berlangganan via Email