Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Cara Move On Terbaik dan Tersehat

Tips Move On.

  Dalam menjalani sebuah hubungan percintaan duniawi manusia atau setiap pasangan pada akhirnya selalu dihadapkan pada dua pilihan yaitu perpisahan atau pernikahan, akan sangat menyenangkan bila pada akhirnya hubungan yang telah dijalin berlanjut ke pernikahan, tapi bagaimana jika sebaliknya?, hubungan harus berakhir dengan perpisahan, entah berpisah karena sudah tidak sejalan atau berpisah karena sudah tergantikan, sakit bukan?.

 Yang paling menyakitkan setelah perpisahan adalah bagimana caranya kita bisa melupakan setiap kenangan dan menghilangkan setiap kerinduan yang tiba-tiba datang dan memenuhi setiap sudut ruang dalam pikiran dan perasaan. Pada akhirnya mau tidak mau, suka tidak suka, rela tidak rela kita akan dipaksa untuk lupa dan melupakan segala kenangan ha-hal indah baik senang maupun susah yang telah terjadi bersama sanga mantan. Kita dipaksa untuk menyembuhkan atau menyembunyikan setiap luka yang terbuka meskipun rasa sakit hatinya masih terasa. Kita akan di paksa untuk Move On, padahal cinta kita pada sang mantan masih Turn On dengan daya dan voltase yang masih tinggi tapi dipaksa untuk redup lalu mati secara tiba-tiba.

 Move On adalah sebuah proses pemindahan segala perasaan secara paksa dan perlahan yang sebenarnya masih tertuju pada sang mantan (Afreza 2021),  dipaksa pindah tanpa disediakan tempat untuk mengungsikan segala perasaan sudah kaya warga kena gusuran tapi lebih parah lagi karena kita tidak akan mendapatkan kompensasi atas perpindahan yang secara tiba-tiba ini. Masih mending Lionel Messi yang pindah ke Paris St. Germain (PSG) tapi kompensasi dan gaji nya masih hampir setara dengan klub lamanya Barcelona, atau masih mending karyawan yang masih dapat kompensasi ketika masa kerja harus berakhir atau di akhiri. Sedangkan move on yang ini kita hanya bisa iklah dan meratap " Ya allah ya tuhanku kenapa? Kenapa?..." (lalu terdengar bakcsound lagu Opick).

 Ada orang yang sedang menjalankan proses Move on memang terlihat biasa saja tapi dalam hatinya meringis perih, menangis setiap kali memandang foto menunjuk awan bersamaan lalu muncul bayang-bayang dan ilusi imajinatif yang menggambarkan segala kebahagian yang pernah dirasakan ketika masih menjalin hubungan. Rasanya deskripsi yang gua buat terlalu perih sekali tapi kenyataannya hanya tuhan dan kamu para graduate yang telah lulus dari fase ini yang tau bagaimana rasanya.

 Lalu pertanyaannya adalah bagaimana caranya kita bisa Move on setelah putus dari pasangan?, berikut tips-tips yang bisa dilakukan :

1. Putus adalah bagian dari sebuah perjalanan hidup.

Putus

 "The world is not end just because your relationship is end" camkan kata-kata ini kedalam otak dan sel kalian. Putus adalah hal yang biasa dalam hiup namun jangan di biasakan, semua orang pernah mengalami percayalah bahwa kita akan menemukan sesuatu yang lebih baik setelah kita memutuskan untuk putus, kalau tidak lebih baik ya lebih buruk memang. Tapi percayalah suatu takdir yang baik dan membahagiakan telah menantimu di ujung perjalanan, yang akan membuatmu lupa akan segala kepahitan yang pernah kamu rasakan.

2. Hindari mengkritik tajam dirimu sendiri.

Hindari mengkritik dan menyalahkan diri sendiri

 Seperti kata pepatah sebuah besi akan hancur bukan karena tekanan dari luar tapi oleh karat dari dalam, manusia pun sama akan bisa lebih hancur oleh pemikiran negatif dirinya sendiri. Jangan menganggap bahwa penyebab perpisahan hubungan kalian dikarenakan karena kamu tidak cukup layak untuk pasanganmu, apalagi jika kalian berpisah karena si dia selingkuh atau memilih yang lain. Percayalah bahwa kamua yang terbaik dan kamu layak untuk mendapatkan yang lebih baik, kita tidak bisa memaksakan pilihan orang lain, yang kita bisa adalah menyadari bahwa mereka yang meninggalkan adalah mereka yang tidak cukup layak untuk bersanding dan menjalani hidup hingga menua bersamamu.

3. Melakukan refleksi hubungan yang realistis.

Merefleksi hubungan

 Perpisahan tentunya bukan sebuah hal yang menyenangkan kecuali memang jika anda yang menginginkan, kadang kita lebih banyak terbayang hal-hal yang manis dan membahagiakan setelah putus hubungan, tetapi anda juga harus berpikir secara adil dan berimbang, jangan hanya kebahagiaan dan kenangan indah yang anda pikirkan, tapi pikirkan juga hal-hal yang selama ini tidak mengenakan tentang sang mantan, seperti selingkuhannya, perilaku negatifnya terhadap anda, ketidakcocokan antara kalian berdua, dan hal mneyedihkan plus tidak mengenakkan lainnya, semua itu agar otak anda tetap waras dan bisa  menilai secara objektif apakah perpisahan ini adalah hal yang menyakitkan atau justru melegakan.   

4. Luapkan dan lepaskan segala kesedihan dan kesakitan.

Meluapkan kesedihan

 Hal yang normal jika anda sangat merasa sedih setelah kehilangan si dia yang biasa setiap harinya selalu mengucapkan selamat pagi dan mengingatkan makan nasi. Oleh karena itu luapkan segala kesedihan, kesakitan, kekecewaan yang mengisi perasaan anda, bila perlu ekpresikan dengan tangisan sekeras-kerasnya dan berteriak sekencang-kencangnya jika perlu untuk meluapkan semua perasaan negatif yang ada pada hatimu,  asal jangan meluapkan tangisan dan teriakan tengah malam karena tetangga anda yang akan merasakan gangguan tidak menyenangkan. Jangan menahan biarkan keluar segala tekanan.

5.  Ceritakanlah pada orang yang tepat.

Jangan cerita di sosial media

 Disaat kesedihan datang tentu kamu perlu tempat untuk bercerita, berceritalah pada dia yang kamu anggap akan mengerti hancurnya perasaanmu, jangan bercerita ke story instagram, Facebook, Whatsapp meskipun hanya close friends, apalagi hingga datang ke pemakaman, Please jangan. pergilah ke seseorang yang kamu yakini bijak dan bisa memeberikan nasihat yang baik atas perasaan hancurmu itu, atau bisa pergi ke psikolog lebih bagusnya lagi.

6. Menghapus kontak sang mantan.

Menghapus kontak mantan

 Hapus kontaknya agar kamu tidak terus kepikiran, dan tidak tergoda untuk chat meskipun hanya sekedar mengingatkan shalat dan makan. Kalau ternyata kamu sudah menghapus kontaknya dari handphone milikmu tapi ternyata kamu masih mengingat nomernya maka hapus isi kepalamu kembalikanlah ke mode dan setelan pabrik jika perlu. 

7.  Cinta diri sendiri

Love your self first

 Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencintai dirimu sendiri baru setelah itu cintailah produk-produk indonesia. Kamu harus menyadari bahwa yang terpenting adalah mencintai dirimu sendiri terlebih dahulu, sadarilah bahwa dirimu sangat berharga untuk disisiakan orang. Maafkan dan relakan segala hal yang pernah terjadi diantara kamu dan sang mantan, lalu ambil pelajaran agar hubungan kamu kedepan dengan siapapun itu bisa berjalan sampai ke pelaminan

8. Mindfulness

Mindfulness

 Mindfulness adalah sebuah kemampuan untuk memahami, memberikan toleransi, serta menghadapi segala perasaan yang anda miliki dengan cara-cara yang sehat. Dengan cara ini akan membantu kamu untuk mengurangi stress dan menerima segala perasaan dan pemikiran tanpa menghakiminya. Hal ini bisa menjadi salah satu cara move on yang terbaik dan yang paling sehat.

9. Menerapkan pola hidup sehat.

Menerapkan gaya hidup sehat

 Segala perasaan dan emosi negatif yang kamu rasakan ketika baru saja putus dalam menajalani hubungan tidak boleh mengganggu kesehatan kamu baik secara fisik dan mental. Kamu harus tetap menjaga kesehatanmu karena itu akan mempengaruhi Mood dan suasana hatimu selama prose Move on berlangsung. Jangan korbankan kesehatanmu hanya karena si dia yang mungkin sudah bahagia dengan yang lain. Ingat dia tidak akan membayar atau menanggung biaya pengobatannmu jika kamu jatuh sakit, kamu harus tetap menanggung nya sendiri. Apalagi kalo tidak bisa ter cover oleh BPJS lebih membahayakan.

10. Sibukkan dirimu

Me

 Agar kamu bisa cepat melupakan dia yang telah melukaimu kamu harus mencari kegiatan-kegiatan positif yang bisa menyibukkan dirimu hingga kamu lupa rasa sakitnya putus cinta.  Kalau bisa carilah kegiatan yang tidak berkaitan atau mengingatkanmu tentang dirinya. Mungkin kamu bisa latihan debus agar tidak hanya menguatkan mental tapi tubuhmu, atau mengikuti pengajian untuk membersihkan tidak hanya pikiran tapi jiwamu mana tau kamu di guna-guna atau kena pelet hingga rasa sakit berpisah begitu terasa menyakitkan. Sampai nanti mantan kamu menyadari dan menyesal pernah meninggalkanmu. Ingat buatlah mantanmu menyesal dengan keberhasilanmu karena itu adalah cara melukai tanpa menyentuh yang terbaik jangan justru malah hancur dan dia makin bangga.

7 comments for "Tips Cara Move On Terbaik dan Tersehat"

  1. Artikel yang menarik, memang terkadang untuk menemukan yang terbaik, kita mesti melewati bagian bab kehidupan seperti ini, tapi ya namanya manusia, pasti beda2 ujiannya..

    ReplyDelete
  2. waduh ini gagal fokus dengan pembahasan pada poin lima hehe

    ReplyDelete
  3. Aduh.... Move on, bahas mantan. Blog TOMTOMID banyak sekali curhatan dengan sang mantan. Hingga blognya pun diambil namanya dari dia malah. Kalau boleh saya berpendapat, saya kurang setuju dengan nomor 6. Nomor 6 kita bisa akali dengan menjalin hubungan komunikasi dengan baik dan tidak lagi berharap atau memberikan harapan kepada mantan. Kalau yang lain saya oke setuju gan. Ini menurut pengalaman saya yaa gan. Kalau menghapus kontak mantan tuh serasa kita memutuskan semuanya. Pertemanan, persaudaraan, dan kalau ketemu serasa musuh terbesar kita malahan. Maaf gan, itu hanya opini saya, dari pengalaman pribadi saya.

    ReplyDelete
  4. Saya sangat sepakat dengan tips nomor 10 yaitu move on terbaik dengan menyibukan diri, dan itu yang selalu saya lakukan... hhihi

    ReplyDelete
  5. saya sampai sekarang masih gagal moveon sama 1 cewek meski setelahbitu menjalin dengan perumpuan lain tapi gk bertahan lama rasanya beda dan masih keinget doi yah jadi curhat semoga dengan cara ini bisa move on

    ReplyDelete
  6. Move on ya?

    Banyak sih cara dan tipsnya. Tapi ya tergantung sebesar apa sakit yang diterima.

    Tapi paling setuju sama poin no.4 = Luapkan dan lepaskan segala kesedihan dan kesakitan

    ReplyDelete